Mid Size Car Favorit

Published on July 23, 2012

1. Honda Accord VTi-L 2.4

Di komparasi kami pada awal tahun, Accord secara meyakinkan meraih posisi puncak. Meskipun ketika memperhitungkan varian lain Toyota Camry merengkuh gelar Best Big Sedan, varian Accord 2.4 VTi-L ini masih sulit disaingi rival lain, utamanya setelah facelift dilakukan oleh Honda.

Walau dari luar dan dalam desainnya masih serupa, Accord mengusung teknologi rasio setir variabel yang membuat pengendaliannya makin presisi dan menyenangkan. Dari seluruh rivalnya di tes kali ini, lagi-lagi Accord membuktikan ia yang terbaik dalam masalah pengendalian. Ia sedikit lebih baik dari Camry saat menikung, namun jauh di atas Teana maupun Sonata.

Dalam hal bermanuver Accord juga cukup menyenangkan. Radius putar 5,6 meter tergolong baik untuk kendaraan seukuran ini. Dan dengan rasio setir variabel, Anda cukup memutar lingkar kemudi 1,5 putaran saja. Ini memudahkan saat meliuk di kepadatan lalu lintas atau saat mencari parkir.

Selain pengemudi, penumpang juga dibuai oleh ruang kaki lapang dengan tempat duduk paling akomodatif. Alhasil, suspensi kakunya terkompensasi oleh kenyamanan interior mobil ini.

Sayangnya, Accord dibekali mesin yang performanya paling rendah. Tenaganya memang 180 dk, namun entah mengapa akselerasinya kurang memukau. Ia satu-satunya kontestan yang menempuh 0-100 km/jam di atas 10 detik. Dalam beberapa kondisi menanjak maupun menyalip, Accord juga harus berusaha keras untuk mendapatkan laju akselerasi memadai. Untunglah dalam hal kehematan ia tak terlalu banyak berbeda dibanding lainnya.

Dalam hal fitur Accord juga cukup lengkap. Dalam kondisi standar ia telah dilengkapi dengan lampu otomatis, sensor hujan, sensor parkir, kontrol kestabilan, cruise control bahkan tombol audio untuk penumpang belakang. Makanya kami cukup heran saat mendapati ia satu-satunya yang belum dilengkapi on-board computer untuk pemantau kehematan bbm. Padahal fitur sejenis ada di seluruh Honda termasuk Jazz. Untunglah fitur ini tak terlalu berpengaruh bagi sebagian besar konsumennya.

Bila Anda tipe orang yang senang mengemudi namun terkadang disopiri, Accord merupakan mobil di tes ini yang mampu memadukan keduanya secara harmonis. Kenyamanan menjadi penumpang dan kenikmatan mengemudinya berada pada level seimbang yang membuatnya sulit disaingi rival lain. Andaikata ia memiliki performa lebih baik, mungkin beginilah seharusnya sosok sedan besar.

Poin Utama

AKOMODASI
Berapapun ukuran tubuh Anda, Accord akan menyediakan ruang memadai baik di depan maupun belakang. Bagasinya juga cukup besar untuk membawa kebutuhan Anda secara mudah.

VARIABEL GEAR RATIO
Teknologi ini sejatinya cuma ada di mobil premium, namun Honda memasukkannya ke Accord. Dengan rasio setir bervariasi Anda akan mendapatkan pengendalian tenang dan presisi saat kecepatan tinggi, namun lincah ketika bermanuver di kecepatan rendah. Cukup berguna bagi mobil seukuran ini.

TOMBOL AUDIO BELAKANG
Fitur sederhana ini sangat berguna menambah kesenangan penumpang. Tinggal pencet tombol, Anda pun bisa mengubah volume maupun lagu di audio. Selain itu, kehadiran tombol ini membuat nuansa mewah dan modern kian terasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s