FAQ

Q: Ada berapa tipe Lancer EX yang masuk ke Indonesia?
A: Hanya ada satu jenis yaitu Lancer EX 2.0 tipe GT menggunakan transmisi CVT INVECS III dengan Sport Mode ( 6-Speed). KTB juga memasukkan versi turbo yaitu Lancer Evolution X, juga satu tipe saja dengan pilihan transmisi Twin Clutch Super Shift Transmission (TC-SST) yang powerful dan efficient beserta penggerak roda S-AWC (Super All Wheel Control)

Q: Apakah perbedaan antara Lancer EX dan Evo X?
A: Keduanya menggunakan mesin serupa yaitu 4B11, tapi Evo X sudah dilengkapi twin turbo sehingga kode mesinnya adalah 4B11TT. Evo X versi KTB menggunakan transmisi canggih Twin Clutch Super Shift Transmission (TC-SST) dan penggerak roda S-AWC (Super All Wheel Control).

Tampilan luar juga berbeda baik dari bumper, exhaust system, rem besar, spoiler, kap mesin dan fender serta bodi yang lebih lebar. Interior pun berbeda karena sudah menggunakan jok Recaro dan jenis setir berbeda. Perbedaan performa sangat jauh karena Evo X merupakan mobil rally, sedangkan Lancer EX hanya mobil yang digunakan untuk jalan raya dan penggunaan harian saja.

Q: Apakah benar ada Lancer EX tipe manual?
A: Memang benar KTB memasukkan Lancer EX 2.0 tipe GLX menggunakan transmisi manual dalam jumlah kecil untuk kepentingan Kepolisian. Bisa dibedakan dari luar pada velg 16 inci, tanpa body kit, tanpa spoiler dan foglamp.

Q: Mengapa saya jarang melihat Lancer EX di jalanan? Berapakah jumlah Lancer EX yang terjual?
A: Lancer EX dimasukkan ke Indonesia oleh KTB dari tahun 2008-2010, meskipun stok tidak langsung habis dan masih dijual setelahnya. Jumlahnya tidak mencapai 1.000 unit sehingga memang sangat jarang terlihat di jalanan.

Q: Bagaimana dengan spare part? Apakah susah mendapatkannya?
A: Meskipun penjualan di dalam negeri tidak sukses, Lancer EX punya nasib berbeda di LN. Lancer EX sangat digemari dan beredar mulai tahun 2007 hingga 2015 (bahkan masih ada beberapa negara yang menjual). Tentunya spare partnya sangat berlimpah. Selain itu beberapa sparepart juga memiliki kesamaan dengan produk lain dari KTB yaitu Outlander Sport yang dirakit di Pulo Gadung. SUV yang mengambil basis dari Lancer EX ini menjadi medium SUV kedua terlaris setelah Honda CR-V. Jadi tidak perlu khawatir mengenai sparepart.

Q: Apa saja permasalahan yang sering dihadapi pemilik Lancer EX?
A: Sebagai mobil relatif baru, tidak banyak masalah yang  muncul. Misalnya radiator, kompressor silahkan diperiksa sebelum membeli. Pastikan juga indikator ABS tidak menyala. Sensor ABS sempat di recall karena mudah rusak saat melewati genangan.

Q: Apakah modifikasinya banyak tersedia?
A: Asalkan rajin browsing, banyak sekali informasi mengenai modifikasi Lancer EX di LN. Saya lebih senang menambahkan fitur fungsional yang dicopot pada Lancer EX dari pada modifikasi eksterior. Karena tipe GT sudah cukup sempurna pada sektor tersebut.

Modifikasi performance juga banyak sekali di LN. Saya menggunakan Lancer EX untuk harian maka sektor mesin saya biarkan standar agar tetap irit dan nyaman.

Q: Berapakah harga seken Lancer EX?
A: Silahkan anda browsing di internet atau cari melalui koran seperti Poskota. Karena jumlahnya sedikit, tentunya tidak banyak pilihan yang tersedia. Mengingat jumlahnya terbatas dan harga barunya paling mahal di kelasnya, maka harga sekennya berada di atas kompetitor seperti Honda Civic FD dan Toyota Corolla Altis

Q: Apa perbedaan fitur Lancer EX 2008 dan 2010?
A: Ada beberapa perubahan dan penyempurnaan di tahun 2010 yang bisa menjadi pertimbangan jika ingin meminang Lancer EX. Lampu belakang berubah menjadi warna hitam dari tadinya berwarna merah. Jok kulit dengan jahitan berwarna merah menggantikan jok fabric dan tambahan jack audio pada kompartemen tengah. Ada juga info bahwa dilakukan penambahan peredam di beberapa sisi kendaraan untuk mengurangi kebisingan jalan. Selain itu juga terdapat penyempurnaan berupa penambahan fitur lampu kabin depan, spion lipat, power window driver auto up/down (sebelumnya hanya auto down), leather handbrake, perubahan pada MID (seperti Outlander Sport tipe GLS), dan ETACS jenis baru yang mensupport beberapa fitur tadi.

Edisi tahun 2010 merupakan pilihan terbaik jika tidak ingin repot meskipun tentunya harga beli juga menjadi pertimbangan yang tidak kalah penting.

4 thoughts on “FAQ

  1. Halo gan, mau nanya nih..saya sangat berminat meminang lancer ex.. Kira” konsumsi bbm dalam kota dan luar kotanya berapa yah? Terima kasih gan..

    Like

    • Lancer EX dibekali mesin 2.0L sehingga kurang tepat menanyakan konsumsi bensin. Apabila poin terpenting pemilihan mobil adalah irit ada baiknya mempertimbangkan mobil <1.5L. Atau jika ingin mendapatkan kenyamanan medium size sedan dengan konsumsi lebih bersahabat, silahkan cari Civic 1.8L atau Corolla Altis 1.8L.

      Secara umum konsumsi bensin normal, layaknya mobil sekelasnya. Apabila anda terbiasa dengan konsumsi Innova, silahkan pilih Lancer EX. Secara umum konsumsi dalkot/tol dikisaran 8/14 km/liter.

      Like

  2. Apa original Bumper depan/belakang lancer ex materialnya memang terasa ringkih ?
    saya lihat 1 lancer bekas, tapi material body dan bumper berbeda jauh. Body terasa kokoh (metal), sedangkan bumpernya ringkih (seperti plastik).
    Mau memastikan saja, kuatir bumpernya sudah tidak standar.

    Like

    • Bemper mobil jaman sekarang memang terbuat dari plastik. Beda dengan mobil jaman dulu. Malahan kl terbuat dari material lain seperti fiber, bemper tersebut tidak orisinil dan gampang pecah

      Kalau merasa mobil yang diincar kurang berkenan, ada baiknya melihat mobil lain sebagai alternatif. Intinya kalau tidak puas silahkan mencari lagi.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s