Ganti Baterai Remote Kunci Mitsubishi Lancer EX

Berapa hari yang lalu, remote kunci tidak bisa digunakan lagi dan terpaksa membuka pintu harus pakai cara manual. Meskipun fungsi remote bisa diganti oleh kunci, tapi rasanya gak pantas ya. Hari gini buka pintu kok pakai kunci, apa kata dunia. Mobil baru aja sekarang gak pakai ngeluarin remote dan cukup pencet tombol di gagang pintu atau hanya dengan menyelipkan tangan untuk membuka pintu, nah kita pakai kunci. Terlalu… Belum lagi spion lipat otomatis saat buka tutup pintu jadi tidak berfungsi. Jadi gak keren dong. Akhirnya, remote tersebut saya bongkar menggunakan obeng plus ukuran kecil untuk melihat tipe baterai yang digunakan.

Ternyata ukurannya lebih kecil dari standar dan saya tidak punya stok ukuran ini. Kode yang digunakan adalah CR1616 keluaran Sony. Saya tidak tahu apakah Sony ini bawaan dari baru atau sudah pernah diganti sebelumnya oleh pemilik lama. Dugaan saya sih belum pernah ya karena seingat saya ini adalah remote cadangan yang kondisinya lebih baru dari remote lainnya.

Sambil keluar rumah, saya mampir sebentar ke Solusi tools shop yang ada di pinggir jalan Margonda. Seingat saya koleksi baterai mereka lebih lengkap dibandingkan Alfa atau Indomaret yang lebih banyak menjual barang kebutuhan rumah tangga. Kalau Sevel sih sudah tutup alias bankrut #eaaa…

Dari sekian banyak merk yang mereka jual, hanya Panasonic dan Sony yang tersedia tipe CR1616 dan kebetulan Sony sedang kosong. Jadi ambil Panasonic 2 buah, sekaligus nyimpan satu untuk cadangan. Harganya Rp 11.500/buah.

Selain Lancer EX, kunci jenis ini juga dipakai oleh Pajero Sport edisi awal, All New Pajero Sport 2016 Exceed/GLS, Outlander Sport GLS/GLX, Mirage GLS/GLX, Grandis dan Strada Triton.

Sekarang fungsi remote sudah kembali seperti semula. Jadi gak malu lagi nih buka pintu. Apalagi sambil pencet remote, spion otomatis terbuka/tertutup #eaaa…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s