Nonton Youtube Lewat Android Auto

Belum lama saya menjawab di forum modcom soal pertanyaan tentang Apple CarPlay dengan segala keterbatasan iOS, namun melalui Jailbreak bisa menampilkan banyak Apps yang selama ini “terlarang” seperti Google Maps dan Waze. Dua aplikasi favorit ini tentu saja ada di Android Auto karena memang kepemilikannya ada di Google. Namun ada satu aplikasi lagi milik Google yang menarik yaitu Youtube tapi tetap tidak bisa tampil dengan alasan keselamatan. Ya, Android Auto hanya mengijinkan aplikasi pesan, musik/suara dan navigasi, tanpa memberi celah untuk video. Sementara untuk iPhone, dengan Jailbreak, ternyata Youtube pun bisa tampil melalui CarPlay.

Hal ini membikin saya penasaran mengingat Android kan tidak serumit iOS yang banyak aturan dan larangan. Harusnya sih bisa. Apalagi beberapa bulan yang lalu saya juga melihat ada yang memakai Torque melalui Android Auto namun tidak terlalu menarik bagi saya karena sudah punya iDatalink yang fungsinya serupa. Rasa penasaran ini makin menjadi saat mendengar komentar seorang Youtuber yang belum lama ini mereview si redlancerex. Kebetulan ia baru saja membeli Xpander dan rajin membuat Vlog tentang Xpander. Ia juga sudah membeli Kenwood DDX917WS untuk Xpander-nya, dan sepertinya agak kecewa dengan Android Auto yang tidak support Youtube.

Iseng saya google… dan seperti dugaan saya, sudah ada yang membuat Apps khusus Youtube. Cukup dengan download dan instal apk khusus Youtube, kita sudah bisa nonton melalui Android Auto. Agar Apps ini bisa jalan, aktifkan developer mode dan  masuk ke develover setting. Slide ke bawah dan centang Unknown sources.

Dengan setting ini, sebenarnya Android Auto terbuka lebar untuk para developer dan tidak terbatas hanya pada Apps pilihan Google saja. Potensinya sangat luas dan bukan tidak mungkin akan makin banyak pilihan Apps menarik di kemudian hari.

Berbeda dengan Apps yang lain, rupanya Youtube Auto tampil pada menu paling ujung kanan. Memang Apps ini tidak masuk sebagai kelompok Navigasi (paling kiri) atau Musik (ikon gambar headset).

Fitur yang tersedia belum banyak. Baru search dan fullscreen yang benar-benar terpakai. Saat masuk setting, ternyata belum ada pilihan video quality atau kendali lagu melalui remote setir.

Satu hal yang cukup mengganggu adalah layar tidak full seperti youtube di Apple CarPlay (meskipun harus Jailbreak dan instal Apps khusus). Kemudian saat memutar Youtube, kita juga tidak bisa multitasking layaknya Spotify. Pakai Waze masih bisa tapi dengan konfigurasi nonton Youtube plus dengar operator navigasi. Sebaliknya saat layar pindah ke Waze atau menu utama (logo bulat), maka video akan terhenti. Oh iya satu lagi, suara Isyana saat menyanyi juga lag, tidak pas antara suara dan mulut.

Terlepas dari itu, kemampuan memutar Youtube di Android Auto harus diapresiasi setingginya, mengingat belum ada Apps video (dan tidak akan pernah ada) yang diberi ijin oleh Google secara resmi. Youtube di Android Auto bagai Oase di tengah kemacetan. Sangat menghibur. Kita tinggal sabar menunggu update dari sang developer untuk kekurangan tadi.

8 thoughts on “Nonton Youtube Lewat Android Auto

    • Ada beberapa hal yg gak bisa ditandingi android tv. Seperti pengoperasian mudah via voice di android auto dan touchscreen yg responsif karena di head unit sudah ditanam software android auto. Dukungan dari google jg menjamin masa depan android auto bakal cerah. Keunggulan android auto yg utama ada di user interface. Nanti saya buatkan tulisan khusus tentang teknologi apa aja yg populer di head unit saat terkoneksi dgn smartphone.

      Like

    • Coba langsung ke blog dia. Saya sdh gak ngikutin lagi progressnya. Dulu sih apps ini sering down karena dianggap melanggar oleh Google karena nonton sambil berkendara dianggap berbahaya. Saya sempat ngikutin dan dikasih solusi edit apk sendiri. Coba aja baca, kronologinya lengkap kok. Dicari aja apa solusi paling baru kl memang yg sekarang ketahuan Google lagi

      Like

  1. susah juga ya pakai aplikasi sambil kucing2n. sementara spotify & waze cukup buat saya enjoy diperjalanan.
    sukur2 nanti ada aplikasi resmi android auto untuk streaming lossless music format

    Regards

    Like

    • Lossless terkendala di size file. Selama koneksi internet lemot sulit utk streaming. Sudah ada yg jual, namanya Tidal dan Qobuz. Tapi harganya mahal dan tadi, sizenya pasti besar kl yg hi-res audio

      Like

  2. Om motolola, tolong bantu
    Selama ini spotify di Android auto (AA) saya berjalan baik. Sejak 3 hari lalu, AA di display kenwood 918WS tdk bisa menampilkan menu spotify, kontrol spotify di smartphone gak ada masalah,suara juga masuk ke sound system mobil,tapi di layar tdk bisa menampilkan spotify. Saya sudah downgrade AA di smartphone tdk bisa juga
    Biasakah estimasi apa penyebab & solusinya

    Barangkali solusinya restart HU. Boleh minta tolong cara/link restart kenwood 918WS.

    Regards

    Like

Leave a comment