iDatalink Maestro RR + Kenwood DDX9702s

Melanjutkan posting sebelumnya berjudul Ganti Head Unit Kenwood DDX9702S, pada tulisan kali ini saya melakukan proses flashing iDatalink Maestro RR. Mengulangi sekali lagi tentang iDatalink Maestro dan kenapa saya sampai niat beli head unit jauh-jauh ke AS (padahal made in Indonesia), mungkin bisa dijelaskan via video berikut.

Gauges berguna untuk menampilkan indikator penting seperti coolant temperature, transmission fluid temperature dan battery. Mirip seperti fungsi OBD2 dongle dengan bantuan torque apps yang selama ini saya gunakan. Bedanya ini lebih simpel dan akurat karena menggunakan kabel dan dioperasikan langsung via head unit tanpa bantuan perantara seperti misalnya android TV atau air mirroring smartphone. Teorinya sih sama aja tapi touchscreen untuk iDatalink built-in di head unit, serupa modul GPS, sehingga lebih akurat dan nyaman.

Diluar fungsi itu, yang paling saya incar adalah climate dan ETACS customization yang sebetulnya terdapat di head unit versi MMCS (Mitsubishi Multi Communication System). Tentu saja beli MMCS tidak relevan karena mahal dan kualitas suaranya kurang baik. Saya sempat mendengarkan MMCS milik Mitsubishi Outlander 2.4 AWD (bukan Outlander Sport ya) dengan sound system Rockford Fosgate. Suaranya mendam dan tidak jernih. Sofware navigasinya juga kuno dan tidak sesuai dengan era Google Maps atau Waze yang bisa menampilkan traffic serta selalu update.

Memang teknologi MMCS terus berubah dan mendapatkan upgrade setiap generasi, tapi bukan hal baru jika dari segi kualitas suara head unit bawaan mobil selalu kalah dengan versi aftermarket. Mungkin ini juga alasan kenapa Mitsubishi tidak pernah memasukan MMCS sebagai head unit standar (kecuali Outlander ya, yang sepertinya masuk lewat jalur importir umum). Memang All New Pajero Sport versi Dakar 4×4 dapat head unit display bawaan Mitsubishi, tapi versi MMES (Mitsubishi Multi Entertainment System) bukan MMCS. Fungsinya kalah lengkap dengan MMCS.

Melihat kemampuan iDatalink yang sanggup mempertahankan fitur head unit bawaan memberikan harapan bahwa saya bisa menikmati fitur yang sama tanpa harus membeli MMCS. Sayangnya hanya head unit versi AS yang support iDatalink. Memang ada brand lain yang support iDatalink dan dijual di Indonesia yaitu Alpine, namun harganya selangit dan fitur multimedianya masih kalah dengan Kenwood. Maka dengan budget terbatas akhirnya saya membeli Kenwood DDX9702s bekas lengkap dengan iDatalink Maestro RR.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s